Chupa Chups

Hari Minggu yang menyenangkan! Selain karena besok tanggal merah, hari ini resmi aku mendapatkan seekor cupang lucu.

Image
“Namaku Chupa Chups. Panggil aku Ucup saja.”

Harganya paling mahal diantara temennya, nyampe Rp. 8000, padahal yang lain 3500-5000 an. Dia keliatan paling lincah dan anggun. Dia ini cowok macho lho, akhirnya aku udah nggak jones lagi haha. Aku siapin aquarium bulet untuk rumahnya Ucup, dan setangkai tumbuhan palsu nyiahahaha. Untuk dasar, pake pasir pantai.

Pertama, aku beli pasir pantai yang harganya 10.000, entah berapa kg. Dicuci sampai sekiranya pasir kotor berkurang, lalu dimasukkan ke aquarium. Air refill (yang biasa orang jual lewat, cuma 4000-an segalon) dimasukkan perlahan. Jangan lupa pasang piring di permukaan pasir, agar air nggak muncrat saat dimasukkan. Tutorialnya bisa diliat di Youtube. Lalu, pasang oksigen (sebenarnya bukan oksigen. Aerator jadi-jadian yang didapet gratis dari pembelian pompa seharga 15,000) selama-lamanya, haha nggak deng. Aku pasang aerator sampe ikan nyampe di rumah. Ohya, cupang ini rada sensi sama air yang mengalir deres. Makanya Ucup nggak aku kasih filter, biarkan dia dengan bahagia.

Sebelum Ucup nyemplung, aquarium terlebih dulu kuisi garam ikan yang udah dilarutkan (ukuran sedang harganya 5000), dipake dikit aja, setengah sendok teh. Plus ditambahi cairan yang aku tanya sama si Ibu yang jual, “Yang bikin air nggak butek”. Harganya lupa, nggak nyampe 10.000. Makanan ikan ukuran kecil harganya 5000.

IMG_1424

Total belanja buat Ucup kira-kira… Berapa hayooo?

Semua sudah kusiapin kemarin. Lalu tadi, habis aku beli Ucup, aku nemu toko lain di pinggir jalan Tropodo. Guess what? Ikannya unyu, murah, dan akuariumnya banyak! Peralatannya juga lebih lengkap, asdfghjkl.

IMG_1446

Penghuni baru rumah nih, tetangganya Ucup. Isi enam ikan. Tiga ekor ikan neon, tiga lagi ikan tetra. Mereka memang agresif, doyan berantem, kontras sama Ucup. Mereka semua punya Fathon. Yang aku suka dari akuarium ini adalah filternya yang kece, 50.000 lengkap dengan oksigen. Jadi bikin sirik hahaha. Ini semua beli di toko-yang-membuatku-menyesal.

IMG_1437
Senengnyaa^^

Ternyata ikan cupang alias Betta ini bisa banget diajak main! Coba masukin sedotan ke aquarium untuk menarik perhatian. Dia akan mengikuti kita saat kita menggerakkan sedotan lagi. Bisa buat menarik perhatian saat adanya makanan. Ucup memang jadi temen yang pas dikala buntu dan butuh teman curhat (lho).

IMG_1456

 

Doakan ikan-ikan ini bahagia selama-lamanya ya! Salam Ikan!

Leave a Reply

