New Life of Biomedical Engineering

Akhirnya. Lulus TPB dengan nilai PAR dan Daspro yang tidak mengecewakan (tapi mengecewakan di lainnya, haha). Lanjut babak baru dengan ilmu yang sama sekali buta bagiku : Teknik Biomedis!

Setelah dua hari yang lalu memperbarui akun ol akademik dan dapet NIM baru (18315xxx), iseng aku cek struktur kurikulum. Sebelumnya saat pertemuan dengan dosen-dosen biomedis semester 1/2 (lupa), aku sempat diberi tahu sekilas tentang silabus, juga ada pdf yang isinya kurikulum biomedis.

Pas buka tanggal 19 lalu, lah kok ganti! Hahaha, meskipun nggak signifikan sih. Nambah SKS satu, untuk semester 3. (Jangan bahas semester 4 dulu! Mata kuliah bagian kanan sedikit menyeramkan dan asing namanya untuk dibaca.)

thn2'

Dari kurikulumnya sudah sangat jelaz, tahun ke-2 ini semacam perkenalan ke dunia ke-teknik-biomedis-an dan lanjutan tentang dunia keelektroan (maaf banget bahasanya belepotan, semoga bisa dimengerti).

Kalau ada yang tanya sekarang, “Biomedis belajar apa aja?”, aku belum bisa kasih penjelasan yang jelasnya. Intinya gabungan elektro-biologi-kimia-fisika-sedikit informatika. Kurang kece apa coba? Paling pusing lagi kalau ditanya, “Biomed bakal kuliah dimana?”. Huhu jujur kami warga biomedis dengan sangat bersedih hati akan menjawab, “Bolak balik ganesha-nangor, tapi belum jelas bakal lebih banyak dimana”. Doakan semoga kami cepat mendapat kejelasan ya. Nggak enak digantungin, beneran šŸ˜¦ yang bingung bukan mahasiswa saja, orang tua juga.

Karena ini jurusan sangat gress, fresh from the rektorat(?), aku sedikit bingung mencari informasi pembelajarannya, apalagi yang berbau bio dan kim, sepertinya harus pasrah sampai masuk kuliah nanti. Kalau cemcem RE (ternyata kodenya EB, pertanda apa ini), sisdigmik, matek mungkin bisa nanya kakak tingkat atau dikasih tau pas MBC.

Meskipun prodi baru, Teknik Biomedis sudah dapat terakreditasi B loh!

“B kan kurang bagus, Mut.”

Jadi begini. Untuk dapat akreditasi yang baik, ada penilaian alumni, sedangkan prodi ini belum punya alumni. Meskipun baru, dosen-dosennya sudah berpengalaman dan proyeknya keren-keren (dikasih tau waktu pertemuan itu juga), sampai dilombakan ke Eropa sampai tahap kesekian. Dulunya keilmuan Teknik Biomedis di ITB hanya buka untuk S2, lalu menjadi salah satu kelompok keahlian EL, dan sekarang jadi prodi. Tuh, berarti dosen-dosennya dulu ngajar anak S2, kurang keren apa(!!!)

Sekian hasutan singkat saya tentang EB ini haha. Semoga saja aku bisa menjelaskan lebih detail, nantinya. šŸ™‚

Advertisements
Posted in ITB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s