Tahun Pertama – Penjajakan

Kembali ke Bandung, setelah lama beristirahat dari hiruk pikuk kampus dan Salman. Setelah akhirnya harus melepas beratnya pelukan orangtua dan meninggalkan adik-adik ganteng nan iseng.

***

Ke Bandung ini pertama kalinya saya pergi jauh yang benar-benar jauh, sendirian. Saya pernah sendiri dari Tasikmalaya ke rumah naik kereta sendiri saat SMP, juga pernah dari Yogya saat SMA. Ternyata takdir untuk berkuliah jatuh di kota kembang. Setelah seminggu harus beradaptasi dengan dinginnya pagi sampai kulit melepuh, menikmati mencari makanan sendirian, berbelanja dengan penuh waswas, bisa memegang ATM sesuka hati, diingat-ingat konyol juga kehebohan saya dulu 😀

Izinkan saya membayar janji untuk bercerita tentang kehidupan kampus.

Soal akademik. Bagian ini merupakan bagian penuh perjuangan dan air mata bercucuran darah (lebay ding). Untuk saya yang masih baru mengenal dunia komputer dan harus berada dalam fakultas yang memberikan banyak pelajaran ini, saya masih harus banyak belajar. Bahkan sampai sekarang. Dan bahkan sampai nanti. Biasanya untuk masalah belajar saya sangat menyukai belajar bersama di Salman atau di kos teman. Dinginnya angin malam bukan masalah, yang ada di pikiran cuma satu, “Lulus TPB!”, meskipun besoknya harus minum obat masuk angin 😀

Selain belajar, saya juga mencoba aktif di unit Taekwondo ITB (yang sudah jarang karena fisik dan jam latihan kurang memungkinkan) dan Pers Mahasiswa ITB. Menjadi anggota Persma sangat menyenangkan! Gimana nggak, pembicara kaderisasinya ketua MWA-WM–Majelis Wali Amanat Wakil Mahasiswa– (Kak Anna) dan ketua himpunan (Kak Atika) (woah saya masih ingat). Belum lagi tugas menulis, membaca, meliput, dan mewawancara narasumber. Menjadi orang paling update se-kampus itu sangat menyenangkan, percayalah 🙂

Lanjut. Kira-kira di akhir semester 1 atau awal semester 2, aku memutuskan untuk mendaftar menjadi magangers SEP Gamais (saya bahkan terlupa kepanjangannya). Waktu wawancara, alasannya sederhana, “Pengen bisa bikin web!”, karena di spesifikasi formulirnya mencantumkan bahwa pekerjaannya adalah syiar lewat media. Sejujurnya saya kurang aktif, jarang kumpul, namun tiba-tiba diminta jadi panitia Qurban ITB (dan sebenarnya sekarang saya sedang mengumpulkan semangat untuk membuat proposal).

Ramadhan lalu 1437 H, saya iseng mendaftar menjadi panitia P3R. Tebak panitia apa? Keputrian! Pencapaian luar biasa untuk seorang Mutia haha. Meskipun kurang bisa aktif karena saat itu sudah dimulai agenda kaderisasi wilayah STEI, jadi we saya merasa list bagian ini lebih baik diabaikan saja.

Oiya saya juga mendaftar Majelis Ta’lim Salman dan sekarang menjadi AM XXII! Acara Mata’ biasanya ada PPM (pembinaan mingguan) untuk anggota muda cem saya, DP2Q –Dauroh Para Pejuang Qur’an, padahal pribadi saya belum sepenuhnya qurani TT– 1 dan 2. Terkadang Mata’ juga menggelar kajian umum yang biasanya digelar di Salman dan untuk umum! Alhamdulillah di ITB dan Salman banyak sekali kajian ilmu Islam yang kaya akan pengetahuan dan menambah keimanan. Ada mentoring Gamais, kajian Mata’, mabit Salman, kajian Senin-Kamis sebelum berbuka, warbyasa.

Yang paling seru? Sebenarnya di MSTEI, haha. Karena MSTEI sendiri banyak agenda seperti Windows, dsb. Saya sendiri masuk di Divisi Kaderisasi di MSTEI besar. Meskipun rasa-rasa gabut, tapi menyenangkan bisa bertemu dengan teman-teman yang sama-sama berjuang memperjuangkan syiar Islam di fakultas sendiri.

Apa yang sudah aku lakukan dan aku alami belum apa-apa dengan teman-teman yang selain berkuliah juga berorganisasi di Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB, Altera (organisasi membawahi anak TPB di STEI), perangkat fakultas, belum lagi ikut andil di osjur dan diklat divisi (calon) panitia Integrasi (nama baru OSKM). Semoga saja apa-apa yang sudah kita lakukan dan amanah yang diemban bisa menjadi ladang amal mencari pahala dan ridho Allah semata. Aamiin.

Anyway, produktif (atau gabut?) sekali ya bisa post 2 per hari. Andai bisa setiap hari, haha.

21/07/16 21:04

Posted in ITB

Leave a Reply

