#1 – Diary Ramadan 1438 H

Di hari kelima Ramadan

Hari itu, saya meminta Bapak untuk mengirimkan sebuah dokumen. Tiba-tiba, handphone berdering. Telepon dari Bapak.

Usai berbincang sedikit, tiba-tiba Bapak bertanya sesuatu.

“Mbak, ada beasiswa S2 nggak?”

“Beasiswa ITB? Mbak tahunya beasiswa fast track, yang kuliah 5 tahun. Tapi Mbak kan nggak mau ambil itu. Mbak mau lulus, terus setahun nggak ngapa-ngapain. Mbak juga sudah cerita sama Bapak.”

“Nggak ngapa-ngapain, emang mau ngapain?”

“Mau ngehafal aja, setahun. Terus baru S2 tahun depannya.”

“Lah ya itu namanya bukan nggak ngapa-ngapain. Kok lama banget Mbak?”

“Ya kan ngehafal itu nggak gampang, Pak.”

Lalu Bapak mulai memberi banyak nasihat, “kamu itu punya waktu 24 jam. Coba aja 12 jam dipake buat ngehafal Quran, bisa aja kamu selesai cuma 6 bulan.”

Dalam hati saya mengaminkan, meski sedikit ragu. “Ya, dicoba aja lah ya. Semoga.”


Tahun lalu, saya pernah menangis sejadi-jadinya, mengadu pada pundak seorang sahabat. Saya malu. Saya tidak punya bekal apapun. Saya merasa saya bukan siapa-siapa di hadapanNya. Sekitar satu jam, air mata mengalir, lalu menyembunyikan wajah dari cahaya karena malu terlihat oleh siapapun, meski akhirnya kedapatan juga. Menangis, tak berkata apapun, hanya menyesali diri. Lalu usai menenangkan diri, saya kembali ke kosan, dengan kantung mata yang menebal.

Beberapa jam kemudian, dengan segala usaha untuk menghentikan anak sungai air mata, sahabat saya mengirimkan sebuah tautan berisikan video. Ucapan seorang ustadz yang dinukil dari nasihat ulama; yang membuat kantung mata saya lebih tebal lagi.

“Jika tak mampu bersaing dengan para shalihin dalam ibadahnya, berlombalah dengan para pendosa dalam istighfarnya.”


Semoga Allah tak pernah menghapus semangat kita untuk istiqamah berinteraksi dengan Quran, lewat cara apapun.


Catatan random hari ini; semoga catatan selanjutnya akan jauh lebih rapi.

02/06/2017 22:30

Leave a Reply

